Home > Pikiranku > Ciri – Ciri Jiwa yang Sehat… bag.1

Ciri – Ciri Jiwa yang Sehat… bag.1

Bismillahirrahmanirrahim..

Dari dulu pengen sekali menjadi pembelajar Quran, alhmdllh terinspirasi sebuah pertanyaan kepada saya di Facebook, “..klo begitu supaya jiwa qt tetep sehat kiat2nya apa pak?”..

Semoga sy bisa sedikit menjawab..

Bagi saya, ada dua ukuran jiwa yg sehat:

1. Ukuran umum

2. Ukuran Islam

Saya coba bahas masing2..

Jiwa yang Sehat menurut Ukuran Umum

Ada sebuah iklan minuman isotonik di televisi, yang katanya bakal bisa bikin badan, pikiran, semangat ok lagi!.. sy tidak bermaksud menjadi agen iklannya, tetapi 3 hal itulah yang memang menjadi potensi diri kita;

Badan = Fisik = Jasmani

Pikiran=Aqal

Jiwa = Hati = Qalbu

Di dalam iklan tersebut, sangat terlihat bahwa keadaan yang ditawarkan adalah keceriaan & semangat dalam menjalani hari-hari yang harus dilalui..

Jadi, kira-kira, keadaan jiwa yang sehat menurut persepsi umum adalah jiwa yang ceria & semangat dalam menjalani hari-hari dalam melaksanakan tugas-tugasnya di manapun dia berada.. yang penting tidak merugikan orang lain. Titik

Jiwa yang Sehat menurut Ukuran Islam (yang saya pahami)

Bagi saya, keadaan jiwa yang sehat tidaklah cukup sekedar ceria, semangat &  tidak merugikan orang lain.. jiwa yang sehat haruslah sesuai dengan ukuran pencipta jiwa itu sendiri..

Jika ingin jiwa yang sehat, maka harus tahu ciri jiwa yang sakit & ciri jiwa yang sehat menurut yang menciptakan jiwa..

Karena jika ukuran sehat jiwa hanya sekedar ceria & semangat, maka itu hanyalah tampilan yang bisa keluar dari diri siapapun dalam keadaan tertentu saja.. saya sangat yakin, semua manusia yang mengaku dirinya orang yang ceria & semangat, tidak setiap saat dia merasakan itu.. & yang lebih penting lagi adalah apa yang membuat dirinya ceria & semangat..

Sebagai contoh, kayaknya ini pengalaman sendiri nih.. hehe😀..

Pada saat sy tidak memahami bahwa pacaran itu haram, maka saat ada si dia yang saya sukai ternyata menyukai saya juga.. betapa bahagia, ceria & semangatnya saya klo ketemu atau belajar bareng sama dia..

.. tetapi tiba-tiba begitu saya tahu bahwa pacaran itu haram, apa yang terjadi?.. gelisah, gundah.. itu yang terjadi dalam hati saya, sampai pada saat sy memutuskan untuk meninggalkan si dia.. apakah segampang itu sy melupakan?.. wow ujian bertambah berat lagi.. emang sy ga takut klo yg sy sukai itu diambil orang.. ya nggak lah.. tapi gimana lagi.. hiks.. hiks.. jadi curhat gini..😀

Artinya, sy pada saat itu diberi dua pilihan yang sangat dilematis bagi saya..

1. pilih dia agar tetap ceria & semangat? atau

2. pilih DIA dg konsekuensi gelisah & si dia akan diambil orang?.. hiks..hiks lagi deh🙂

Alhamdulillah Allah SWT menguatkan sy untuk memilih DIA, walopun ga gampang.. ternyata saat sy nulis ini, sy bisa tetap ceria & semangat.. karena saat ini sy sangat yakin klo ceria & semangat yang benar & hakiki tuh karena diberi sama DIA bukan sama dia.. apalagi cuma sebotol minuman isotonik.. maaf ya yg bikin iklan🙂

Di awal ayat dalam AlQuran, Allah SWT langsung memberikan ciri orang yang sakit jiwanya..

“Sesungguhnya orang-orang kafir, sama saja bagi mereka, kamu beri peringatan atau tidak kamu beri peringatan, mereka tidak akan beriman.” (QS. Al-Baqarah, 2:6)

Yang saya pahami dari ayat ini, kita ga perlu susah-susah klo jiwa ingin sehat.. laksanain aja perintah DIA.. gundah, gelisah, merana, itu ibarat pahitnya obat pada saat kita minum obat klo kita sadar kita mau sembuh.. toh kata abang Ali, dalam tulisan sy sebelumnya, “pahitnya dikit”.. setelah pahit yang kita rasakan, maka sehatlah yang akan kita peroleh, & tentunya sehat ini bukan menurut pandangan manusia.. tapi menurut pandangan Allah SWT.. bukan menurut dia.. tapi menurut DIA..

bersambung..

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

