Home > Pikiranku > Diskusi sama bapak mertua..

Diskusi sama bapak mertua..

Alhamdulillah tadi malam bisa nginep di rumah mertua.. & yg paling penting bisa diskusi lagi sama bapak mertua.. dari obrolan-obrolan kami seputar agama, sy dapat menyimpulkan bahwa beliau mengikuti sebuah tarekat, tapi nggak tau pa, krn kata beliau guru ngajinya sudah meninggal.. beliau mengamalkan dzikir asmaul husna setiap hari..

Terlepas dari kemungkinan perbedaan pemahaman masalah dzikir, kami berdiskusi (lebih tepatnya, saya bertanya) tentang hakikat hidup yg sesungguhnya terutama berkaitan dg tugas sy sebagai ayah dari cucu beliau.. obrolan ini berawal dari masalah salah satu anggota dewan kab. bandung yang kebetulan ustadz di dekat rumah.. bahwa menurut ustadz tersebut, sulit sekali memperjuangkan kebenaran di dalam dewan.. kami pun akhirnya ngobrol masalah da’wah..

Saya tersadarkan bahwa, seperti nabi Nuh & nabi Adam, bahwa mereka pun
tidak mampu mengubah pendirian anak-anak mereka walaupun sebesar apa cinta mereka terhadap anak-anaknya..

Setiap individu akan mempertanggungjawabkan amalan masing-masing, berdasarkan pemahaman masing-masing..

Menanggapi berbagai perbedaan pemahaman dalam hidup tidak perlu kita mencemooh, yang diperlukan adalah da’wah (sampaikan & diskusi), dengan kesiapan untuk kemungkinan dimusuhi bahkan mungkin difitnah.. semua adalah ujian hidup di dunia.. yang terpenting menurut beliau adalah kembali kepada diri kita, apakah pemahaman akan jalan hidup kita merupakan hasil tafakur ( berfikir mendalam terhadap suatu ilmu) atau hanya katanya & katanya.. dan yang lebih penting lagi bahwa sesungguhnya amal dalam hidup (mencari nafkah, menuntut ilmu, berda’wah, & sebagainya) merupakan cerminan & efek keadaan jiwa.. sehingga jiwa ini perlu dibersihkan, dijaga & dirawat.. salah satu ciri jiwa yg selalu ingat kepada Allah, adalah yg di dalam hatinya selalu berdzikir menngingatNya.. baik dengan istighfar, takbir atau asmaul husna, manapun yang menurut tafakur pribadi masing-masing terasa cocok.. Wallahu ‘alam..

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: