Home > PENGALAMAN BELAJAR, Tips n Trik, Uncategorized > Pengalaman Belajar Bahasa Arab untuk Pemula

Pengalaman Belajar Bahasa Arab untuk Pemula

2-logo-bisa-transparan-copy1

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Sebelum saya menceritakan pengalaman saya mengikuti PROGRAM BISA di www.programbisa.com, saya sarankan bagi yang ingin belajar dasar-dasar bahasa Arab, PROGRAM BISA ini SANGAT RECOMENDED, betul-betul solusi praktis untuk belajar!!! Apalagi GRATIS!!! hehe..

Latar belakang saya tidak pernah sama sekali belajar bahasa Arab secara formal, kemampuan bahasa Arab saya hanya didapat dari pengajian lafdziyah ayat AlQur’an, yang itu pun tidak rutin, jadi sama sekali tidak paham “grammar” bahasa Arab, hanya sedikit sekali kosa kata yang saya ketahui.

Karena termotivasi oleh pahala keutamaan belajar bahasa Arab, dan kelemahan ilmu Agama, maka saya mencari metode belajar bahasa Arab yang mudah dan alhamdulillah ada teman yang share PROGRAM BISA ini di WA, tanpa pikir panjang saya langsung daftar, yang saya pikirkan hanya bagaimana mengatur waktu saja.

Bekal ilmu Sharaf ini menambah kepercayaan diri saya untuk menyusun kurikulum belajar putra dan putri kami di rumah karena kami menggunakan metode pembelajaran Home schooling.

Sebelum belajar di PROGRAM BISA, saya sama sekali tidak tahu bagaimana pola perubahan kata dalam bahasa Arab, kadang hanya nebak-nebak dan ternyata banyak salahnya. Sekarang terasa sangat mudah, walaupun ilmu ini baru secuil saja.

Tips untuk yang mau ikut PROGRAM BISA, terutama yang sangat pemula dengan waktu yang sangat terbatas (berdasarkan pengalaman saya):

1. Siapkan waktu 4-6 jam per pekan untuk mengerjakan tugas (wajibat).
2. Miliki buku panduannya, jangan sekedar ebook, karena saat mengerjakan tugas, kita harus lihat lagi tabel-tabel panduannya. Minimal tabel-tabel panduan harus diprint. Mungkin tugas yang awal masih terasa mudah, tapi berikutnya semakin butuh keseriusan. Namanya juga belajar🙂
3. Jika tugas hafalan bingung, tunggu aja kiriman rekaman teman kita yg nilainya 100, lalu kita dengarkan dan tiru, tapi sambil lihat juga bukunya, biar tambah paham.
4. Untuk tugas tulisan, konsultasikan dengan tutornya (musyrif) dan baca lagi buku (diktat)nya atau dengarkan/ tonton audio/ video pembelajarannya. Saya pribadi untuk PROGRAM BISA ini lebih fokus menggunakan buku (diktat) karena saya rasa sudah sangat cukup, hanya sesekali saja saya gunakan audio/ video. Oya, untuk tugas tulisan, saya lebih mudah menggunakan Arabic Pad di laptop ketimbang tulis tangan.
5. Konsisten dan pantang menyerah, saya pernah mengerjakan tugas pekan ke-5, dari jam 23.00 sampe subuh karena betul-betul bingung & istri lagi sakit.

 

Oya, buku panduannya sangat mudah dipahami.. semoga pahala selalu mengalir kepada penulis dan seluruh ustadz, ustadzah, dan teman-teman baik yang lulus ataupun yang belum lulus, karena bahasa Arab adalah bahasa Agama Islam yang merupakan bahasa peradaban. Smangat!!!🙂 Jazakumullahu khairan katsira..

Bagi yang mau daftar, klik saja:  www.programbisa.com

Senin, 15 Februari 2016
(Egi Fonwera – 35 thn – Dosen Fisika – Bandung)

NB: bagi yang ingin pesan diktat/buku Ilmu Sharaf dan Nahwu untuk Pemula bisa di panitia programbisa.com, tapi jika panitia sibuk dan tidak terlayani, bisa pesan di saya via WhatsApp (085721845739), saya print dan kirim dari bandung. Jazakumullahu khairan katsira

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

